Senin, 04 Januari 2010

Asal Mula Pembuatan Anggur

Anggur adalah air buah anggur yang difermentasikan. Minuman ini sudah dinikmati orang selama ribuan tahun.

Diduga Orang pertama yang membuat anggur adalah petani Rusia yan ghidp dekat Laut Kaspia. Orang Mesir belajar membuat anggur sekitar tahun 3000 SM. Gambar-gambar di dinding piramida menunjukkan cara membuat anggur.

Anggur adalah sesuatu yang umum dalam kehidupan sehari-hari orang Yunani dan Romawi Kuno. Anggur penting untuk upacara keagamaan. Dewa anggur disebut Bacchus oleh orang Romawi dan Dinysus oleh orang Yunani.

Pada abad ke-4 SM, Alexander Agung membawa tanaman anggur dan cara membuat minuman anggur ke Asia Tengah. Orang Yunani juga membawa tanaman anggur ke Perancis Selatan. Penyerang Romawi mungkin membawa tanaman anggur ke Perancis dan Jerman pada abad-abad berikutnya.

Ketika Leif Ericson mendarat di Pantai Timur Amerika Utara pada sekitar tahun 1000, ia menemukan sangat banyak tanaman anggur liar yang tumbuh di sana sehingga ia menamakan tempat itu Vinland (tanaman anggur dalam bahasa Inggrus "vine". Jadi artinya, Negeri Tanaman Anggur). Belakangan penjelajah Spanyol dan misionaris membawa tanaman anggur dari Eropa ke California.

Anggur digunakan dalam upacara banyak agama kuno. Saat ini masih digunakan dalam upacara keagamaan Kristen dan Yahudi.

Anggur dapat dibuat dari banyak buah dan tanaman yang mengandung gula alami. Tapi kebanyakan anggur dibuat dari buah anggur. Bila kata 'anggur' tanpa keterangan tambahan, seperti anggur persik atau anggur blackberry, maka yang dimaksud hampir selalu anggur dari buah anggur.

Terdapat lebih dari 8000 varietas anggur yang dapat digunakan untuk membuat anggur.

Admin.

1 komentar: