Kamis, 28 Januari 2010

Membangun Sebuah Koloni Lebah

Tidak semua lebah hidup dalam kelompok besar. Ada spesies lebah yang disebut lebah "penyendiri" di mana hanya ada 2 jenis lebah, yaitu lebah jantan dan lebih betina petelur.

Namun, ada lebah yang hidup dalam koloni. Jenis lebah ini disebut lebah sosial. Pada koloni lebah sosial terdapat 3 jenis lebah, yaitu: lebah pekerja (lebah betina yang tidak bertelur), lebah jantan dan lebah betina petelur (ratu lebah).

Ratu lebah melewati musim dingin dalam lubang yang digali di pasir atau di tempat lain yang sesuai. Ratu lebah merupakan satu-satunya dari koloni itu yang hidup melewati musim dingin. Pada musim semi, ia memulai koloni baru.

Pertama, ratu lebah mencari sarang dan menumpuk bahan halus untuk sarang, serta melubangi sebuah tempat di bawahnya untuk tempat anak-anaknya. Lalu lebah mengunjungi bunga untuk mencari serbuk sari dan madu dan meletakkan roti lebah di lubang kering yang sudah ia siapkan. Ratu lebah bertelur di atas gumpalan ini, menutupinya dengan lilin, dan duduk di atasnya, menjaganya agar tetap hangat.

Di dekatnya ia membuat sel lilin besar, yang disebut kendi madu, dan mengisinya dengan madu yang cukup banyak sampai telur-telurnya menetas. Begitu anak-anaknya sudah cukup besar untuk menggunakan sayapnya, mereka mengambil alih sebagian besar pekerjaan ratu. Lebah-lebah tersebut menyiapkan lilin, membuat madu, dan menjaga agar kendi madu selalu penuh untuk digunakan pada cuaca yang buruk.

Selama awal musim, yang lahir hanyalah lebah pekerja. Tetapi, sebelum musim panas berlalu, ratu muda dan lebah jantan juga tumbuh di koloni itu. Pada musim gugur, koloni pecah. Yang dilakukan ratu lebah selama musim panas hanyalah bertelur.

Di antara lebah madu, hanya ratulah yang bertelur, tetapi ia tidak dapat merawatnya. Ia dapat bertelur 1.500 telur setiap hari dan sekitar 250.000 telur setiap musim. Telurnya sudah dibuahi dan berkembang menjadi lebah pekerja atau ratu, tergantung pada kebutuhan koloni. Telur yang tidak dibuahi menjadi lebah jantan.

Ratu muda dibesarkan di raung khusus bagi ratu. Sebelum telur menetas, ibu ratu dan sekitar setengah pekerja, pergi untuk memulai koloni baru. Ratu pertama yang menetas, membunuh saudara-saudaranya di dalam ruang itu dan menjadi ibu ratu yang baru.

Admin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar