Jumat, 08 Januari 2010

Gigitan Nyamuk Terasa Gatal

Ada ungkapan: "Betina dari suatu spesies lebih mematikan daripada jantannya." Hal ini berlaku pada nyamuk sebab hanya nyamuk betia yang mengisap darah.

Bagian mulut nyamuk betina mempunyai beberapa alat penusuk yang tajam, yang terdapat di sekitar tabung penghisap. Pada waktu nyamuk menggigit, ia memasukkan cairan beracun ke dalam darah. Racun ini menyebabkan timbulnya rasa sakit dan gatal dan membuat bagian tubuh yang terkena gigitan itu membengkak.

Disamping gigitannya, dengungan nyamuk juga sangat mengganggu. Namun, dengungan ini penting bagi nyamuk sebab dengungan itu seperti panggilan untuk mengadakan perkawinan. Nyamuk jantan membuat dengungan yang dalam dan pelan dengan menggetarkan sayap-sayapnya dengan cepat, sementara nyamuk betina mengeluarkan suara yang lebih melengking.

Nyamuk ditemukan di seluruh dunia. Tetapi, di mana pun nyamuk tinggal, semua spesies nyamuk memulai hidupnya di dalam air. Nyamuk beita menyimpan telurnya di atas permukaan kolam, tempat penampungan air hujan, kolam renang, sumber-sumber air di padang pasir, bahkan genangan air di dalam kaleng.

Setiap nyamuk betina menghasilkan telur 40 - 400 butir. Telur-telur tersebut dapat diletakkan sendiri-sendiri atau dalam kumpulan yang tersusun rapi seperti rakit. Dalam waktu 1 minggu, larva-larva kecil yang tidak berkaki menatas. Larva-larva ini meliuk-liuk di dalam air dengan aktif. Larva tidak dapat bernafas di dalam air, sehingga larva menghabiskan sebagian besar waktunya di atas permukaan air. Larva mengambil udara melalui tabung-tabung pernapasan pada bagian ekornya dan merangkai potongan zat hewan dan tumbuhan ke dalam mulutnya dengan sikat-sikat berbulu yang terdapat di atas kepalanya.

Pada waktu larva yang meliuk-liuk itu bertumbuh, larva berganti kulit hingga 4 kali. Pada pergantian kulit yang keempat, larva berubah menjadi pupa. Selanjutnya, pupa menghabiskan sebagian besar waktunya dekat permukaan air sambil bernapas melalui tabung-tabung seperti tanduk yang terdapat di punggungnya. Pupa tidak makan, tetapi setelah beberapa hari kulitnya membelah dan nyamuk dewasa pun merangkak keluar.

Nyamuk dewasa biasanya hidup hanya beberapa minggu. Pada beberapa spesies, ada 12 generasi nyamuk selama setahun.

Admin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar